Kamis, 25 Oktober 2018

MANAJEMEN KELOMPOK PERIKANAN


Pendahuluan                                                                                                       

Berkembangnya suatu kelompok selain dari kesadaran individu / anggota kelompok itu sendiri juga ditentukan dari Pengelolaan Manajemen kelompok yang disusun secara rapi dan profesional.
 Hasil gambar untuk MANAJEMEN KELOMPOK PERIKANAN
  
Dengan berkelompok maka pelaku utama akan belajar mengorganisasi kegiatan bersama-sama, yaitu membagi pekerjaan dan mengkoordinisasi pekerjaan dengan mengikuti tata tertib sebagai hasil kesepakatan mereka.


Belajar membagi peranan dan melakukan peranan tersebut. Mereka belajar bertindak atas nama kelompok yang kompak, yaitu setiap anggota merasa memiliki komitmen terhadap kelompoknya.


Mereka merasa "In Group" yaitu mengembangkan "ke-kitaan bukan ke-kamian". Dengan demikian akan merasa bangga sebagai suatu kelompok yang terorganisasi secara baik, dibandingkan berbuat sendiri-sendiri.


Pembentukan Kelompok


Pembentukan kelompok diawali dengan adanya perasaan atau persepsi yang sama dalam memenuhi kebutuhan. Setelah itu akan timbul motivasi untuk memenuhinya, sehingga ditentukanlah tujuan yang sama dan akhirnya interaksi yang terjadi akan membentuk sebuah kelompok. Pembentukan kelompok dilakukan dengan menentukan kedudukan masing-masing anggota (siapa yang menjadi ketua atau anggota).


¤ Pembauran fasilitator/Penyuluh
¤ Identifikasi pelaku utama
¤ Dasar: Afinitas
¤ Konsep kelompok perikanan
¤ Perspektif anggota



Pendampingan Kelompok


pendampingan dapat diartikan sebagai suatu interaksi yang terus-menerus antara pendamping dengan anggota kelompok/masyarakat hingga terjadi proses Perubahan Kreatif yang diprakarsai oleh anggota kelompok/masyarakat yang sadar diri dan terdidik ( tidak berarti punya pendidikan formal).

  
Antara lain pendampingan dalam bentuk


¤ Peraturan kelompok
¤ Pertemuan kelompok
¤ Pembangunan kapasitas
¤ Pembinaan teknis
¤ Pembinaan manajerial
¤ Pengelolaan keuangan
¤ Akuntabilitas organisasi
¤ Pengembangan kelompok


a). Peraturan kelompok mencakup sebagai berikut:
  
1). Keanggotaan
2). Pertemuan
3). Tabungan
4). Pinjaman
5). Kepengurusan
6). Sangsi

  
b). Pertemuan kelompok
  
1). Interaksi
2). Kedisiplinan
3). Transaksi
4). Peningkatan kapasitas
5). Program masyarakat
6). Monitoring & evaluasi.


Dengan manajemen yang baik, maka kelompok akan terus maju, tumbuh dan terus berkembang mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan bagi semua dan menumbuhkan sikap kewirausahaan sosial, sehingga menumbuhkan etos kerja sama, tanggung jawab serta semangat melakukan usaha lebih baik dan terus menerus melakukan perbaikan kinerja individu maupun kinerja kelompok.




Sumber: 

https://perikananbalakia.blogspot.com/2017/10/manajemen-organisasi-kelompok-perikanan.html

Achmad Madonk Tamrin.http://balebetenajuku.blogspot.com/2017/08/manajemen-kelompok-perikanan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JENIS ALAT TANGKAP IKAN YANG DILARANG PEMERINTAH

Permen Kelautan dan Perikanan No. 2 Tahun 2015 menyatakan bahwa penggunaan alat tangkap pukat hela ( trawls ) dan pukat tarik ( seine nets ...